Iklan, disukai atau tidak, telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan sejuta siasatnya yang dimungkinkan melalui kekuatan modal, iklan menggempur berbagai ruang yang kita alami dalam keseharian. Ia tak lagi malu-malu tampil sebagai jaket koran nasional ternama atau menyelinap hingga ke dalam acara televisi. Ia juga mahahadir dengan rupa-rupa manifestasi sensorik: visual, rasa, bau, suara, hingga sentuhan. Tetapi, kita tidak lagi memandangnya sebagai benda asing yang menyusup dalam kehidupan. Kita telah sedemikian terbiasa hidup bersamanya dan kita—gawatnya—semakin memaklumi keberadaannya.
Padahal, sejatinya, iklan ada demi menggoda kita membeli suatu produk barang atau jasa atau, dalam istilah yang lebih lugas, demi mengupayakan konsumerisme. Efek dari iklan-iklan tersebut barangkali tidak kita rasakan secara langsung. Namun, perlahan tapi pasti, pesan-pesan iklan yang kita alami berulang-ulang akan menyelusup ke dalam kesadaran, menjadi bagian dari ingatan yang suatu saat akan menggema dalam benak kita. Mekanisme dan bahaya konsumerisme ini memang perlu dibahas lebih lanjut, tetapi tidak dalam kesempatan ini.
Buku ini secara spesifik membahas hanya salah satu media iklan, yaitu reklame, di dalam konteks kota Jakarta. Ia menjadi penting untuk dibahas terpisah dari media iklan lain karena, berbeda dengan media iklan lain yang pada umumnya mencari celah di wilayah privat, reklame menjajah ruang kota yang kita, sebagai warga kota, alami bersama-sama tanpa memiliki kontrol aktif terhadapnya. Kita bisa mematikan televisi atau menutup majalah jika jenuh dengan iklan-iklan di dalamnya, tapi kita, mau tidak mau, harus memandang reklame setiap kali kita mengalami ruang kota.
RALAT
Tangga partisipasi yang terdapat dalam halaman 167 disadur dari “A Ladder of Citizen Participation,” JAIP, Vol. 35, No. 4, July 1969, hlm. 216-224.
Judul : “Publik dan Reklame: Di Ruang Kota Jakarta”
Hasil Kerjasama : Jurnal Karbon dan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK)
Penerbit : Ruang Rupa
Tahun Penerbitan : Cetakan Pertama, Jakarta, Oktober 2013
Jumlah Halaman : 300 Halaman